Software yang cocok untuk membuat skema rangkaian elektronik dan desain PCB


Assalamualaikum... halo gan! ya pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang software yang cocok untuk membuat skema dan layout rangkaian elektronika. Disini saya akan membagi pengalaman saya dalam dunia elektronika terutama dalam penggunaan aplikasi atau software yang cocok untuk anak elektro dalam membuat skema rangkaian dan layout rangkaian. 

Ya tanpa basa-basi lagi mari kita mulai saja pembahasannya... :D

Anak jurussan elektro biasanya sudah tidak asing lagi dengan software-software yang dapat membantu mereka dalam membuat skema rangkaian, layout rangkaian (desain PCB), ataupun untuk menganalisa suatu masalah dalam sebuah rangkaian elektronik.

Tentunya saat ini sudah banyak sekali jenis software yang dapat membantu anak elektro, namun banyak software desain PCB memiliki fitur yang kurang lengkap. Sehingga software desain PCB tersebutpun menjadi tidak berguna. 

Nahh disini saya akan menyarankan salah satu aplikasi atau software yang cocok untuk anak elektro, apa itu ?

Yaa aplikasi atau software tersebut adalah Proteus. Proteus adalah aplikasi atau software yang menyediakan fitur2 lengkap untuk membatu dalam pembuatan skema rangkaian dan medesain PCB. 

Didalam aplikasi proteus banyak terdapat fitur-fitur yang lengkap, seperti tombol untuk mengukur tegangan dalam suatu rangkaian, kemudian tombol untuk mengukur arus, tombol untuk mendesaian atau menyusun rangkaian, tombol untuk membuat layout rangkaian atau mendesain PCB dan masih banyak lagi.

Yang paling membuat saya senang dengan aplikasi ini adalah aplikasi ini menyediakan tampilan 3D sehingga kita bisa melihat skema rangkaian dan layout rangkaian yang kita buat bisa dilihat dalam bentuk tampilan 3 dimensi. 

Aplikasi ini juga menyediakan tombol RUN untuk menjalankan rangkaian yang sudah dibuat apakah berfungsi atau tidak dan juga menguji apakah rangkaian yang sudah kita buat itu memiliki kesalahan atau tidak.

Aplikasi proteus memiliki banyak versi dan versi yang paling baru adalah proteus 8. Dari banyak nya versi menurut saya yang paling bagus adalah versi proteus 7 dan proteus 8. Mengapa? karena proteus versi itu fiturnya sudah lengkap, paling yang membedakan hanyalah tampilannya saja.

Mungkin menurut orang lain pendapatnya berbeda dengan saya dalam penggunaan aplikasi yang cocok untuk anak elektro. karena tiap aplikasi pasti punya kelebihan dan kekurangannya dan juga menyesuaiakan dengan project yang akan dibuat dalam aplikasi tersebut. 

Artikel yang saya bagi ini berdasarkan pengalaman saya saat saya masih duduk dibangku SMK jurusan elektro. So jadi jika kalian ingin membuat skema rangkaian ataupun ingin mendesain PCB dengan aplikasi yang lain juga gak papa, jadi tergantung kalian enaknya dimana dan disini saya hanya menyarankan saja.



Ya mungkin hanya segini saja artikel yang dibahas disini, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kawa-kawan yang ingin membuat rangkaian elektronik melalui virtual aplikasi. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung :)

Comments

  1. Mantap gan..
    Dlu pernah saya coba buat PCB gtu, trus buat nempelinnya pk setrika

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan itu namanya penyablonan atau penempelan desain layout ke PCB, keren gan kalo udah pernah sampe pembuatan PCB :D

      Delete
  2. Wah keren ini gan aplikasinya, meskipun gak ambil jurusan elektro bisa buat belajar otodidak nih hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan gpp coba2 aja dulu, syapa tau ntar malah jdi bisa

      Delete
  3. Aplikasi Pcb apa bisa buat Radio mas? Emm aku lihatnya kok pusing banget ya hahaha.

    ReplyDelete
  4. Wah kurang faham soal mcb gan....

    ReplyDelete
  5. Anak komputer biasanya mahir begituan juga bang, makasih atas infonya

    ReplyDelete
  6. keren gan, tapi aku malah ga tau apa pcb,fungsipcb, manfaatnya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pcb itu tempat untuk pemasangan komponen dan tempat untuk menghubungkan satu komponen dgn komponen yg lain

      Delete
  7. rada ribet yak rangkaian nya

    ReplyDelete
  8. Kayaknya rumit nih, maklum bukan jurusannya :v

    ReplyDelete
  9. Wah, itu pelajaran apa ya?

    ReplyDelete
  10. Laptop saya intel celeron ram 2 gb, kuat gak gan buat buka bih app

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuat gan, saya aja yang laptopnya intel pentium RAM 1gb aja kuat. Aplikasi ini ringan gk banyak makan RAM

      Delete
  11. Mkasih banyak atas artikel yang menarik ini mas baru tau ternyata dalam membuat rangkaian PCB itu memerlukan Aplikasi juga ya, izin nyoba triknya ya mas :D

    ReplyDelete
  12. thanks infonya, bisa belajar otodidak nih

    ReplyDelete
  13. mantappp walau ga ngerti :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita disini sama2 belajar gan, awalnya memang gk ngerti tapi kalo udh terbiasa inshallah ngerti gan. 😁 btw makasih udh berkunjung gan

      Delete
  14. Hmmmm.. Mau nyoba ahh sapa tau membantu tugas saya

    ReplyDelete
  15. Langsung download dari pc bisa ya bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf gan untuk saat ini link download tidak berfungsi coba download di web resminya aja gan

      Delete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led