Rangkaian lampu flip-flop 4 led

Assalamualaikum… Ya pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rangkaian lampu flip-flop dengan 4 buah led. Dalam dunia elektronika flip-flop adalah rangkaian led yang disusun secara paralel dan dapat menyala secara berkedip dan bergantian. 

Flip-flop biasa digunakan pada hiasan-hiasan rumah, dinding rumah, maupun juga bisa dijadikan hiasan lampu di pohon natal. Selain itu lampu flip-flop juga saat ini banyak digunakan untuk lampu hiasan pada kendaraan, biasanya kita bisa melihatnya pada kendaraan umum yaitu bus atau juga bisa melihat dari mobil yang sudah dimodifikasi oleh pemiliknya.

Diluar sana banyak yang menjual rangkaian LED flip-flop ini karena banyak sekali permintaan dari masyarakat yang ingin menggunakan flip-flop ini. Flip-flop dijual dengan harga yang variatif ada yang dijual dengan harga yang murah ada juga yang menjualnya dengan harga yang sangat mahal, itu semua tergantung dari jenis flip-flop dan kegunaan nya untuk apa..

Namun dalam artikel ini saya akan memberikan rangkaian lampu flip-flop yang sederhana, mengapa sederhana? karena untuk meminimalisir budget yang dibeli sperti komponen-komnponen elektronika yang digunakan untuk membuat rangkaian lampu flip-flop sederhana ini. 

Dalam rangkaian flip-flop sederhana ini saya menggunakan komponen elektronika transistor tipe NPN bipolar jenis FCS9013 yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan lampu LED, seolah-olah lampu LED ini bergerak. Dan juga penggunaan Led yang dipakai dalam rangkaian ini hanya 4 buah tetapi jika ingin menambahkan jumlah LED tetap bisa namun harus ditambah tegangan sumbernya maksimal tegangan sumbernya adalah 12V DC.

Berikut adalah skema rangkaian lampu flip-flop 4 buah led :

Skema Rangkaian Lampu Flip Flop
Skema Rangkaian Lampu Flip Flop
Keterangan komponen :
D1,D2,D3,D4 adalah LED, B1 adalah batere 9V DC, R1 dan R2 adalah Resistor 56Kohm, Q1 dan Q2 adalah Transistor FCS9013 tipe NPN, C1 dan C2 adalah Kapasitor elektrik atau polar 10uf.

Dari rangkaian diatas sudah dijelaskan bahwa penggunaan sumber tegangan yang dipakai untuk menghidupkan led dan rangkaian sebesar 9V. Prinsip kerjanya yaitu led akan bergantian menyala saat arus pada kaki basis transistor berlogika 1 dan 0 atau bisa diartikan jika kaki basis pada kedua transitor tersebut dialiri arus dan tidak dialiri arus lisrik. Arus yang masuk ke kaki basis transistor adalah pertemuan arus yang dikeluarkan oleh resistor dan kapasitor.

Jadi jika transistor yang pertama pada kaki basisnya teraliri arus maka transistor yang pertama akan menyalakan 2 buah led yang menyambung dengan transistor pertama, kemudian pada saat yang bersamaan transistor yang kedua pada kaki basisnya tidak terdapat arus sehingga transistor yang kedua tidak dapat menyalakan 2 buah led lainnya yang menyambung dengan transistor kedua.

Sebaliknya jika transistor yang kedua pada kaki basisnya teraliri arus maka 2 buah led yang menyambung dengan transistor kedua akan menyala, sedangkan pada transistor yang pertama kaki basisnya tidak menerima arus dari yang dikeluarkan resistor dan kapasitor yang meneyebabkan 2 led lainnya yang terhubung dengan transistor pertama akan mati. Kejadian ini akan terus berulang hingga led akan terlihat seperti berkedip secara bergantian.

Nah jika kalian ingin sekali dengan lampu flip-flop, namun kalian tidak bisa membelinya karena harganya yang bisa menguras kantong kita, cobalah dengan membuat rangkaian flip-flop ini sendiri. Mudah kok gak susah apalagi rangkaiannya yang simple dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Disini saya hanya memberikan rangkaian flip-flop dengan 4 buah led.

Pertama siapkan bahan dan komponen yang akan digunakan, yaitu :

1. PCB (beli 1 saja)

2. Saklar (1 buah)

3. Led (4 buah)

4. Resistor 56k ohm (2 buah)

5. Batre 9 volt (1 buah)

6. Kapasitor 100uf (2 buah)

7. Transistor FCS9013 type NPN (2 buah)

8. Kabel secukupnya



Kemudian rakitlah dan solder pada PCB sesuai dengan skema yang dibuat, pembuatan flip-flop disini tidaklah begitu rumit jadi saya yakin kalian pasti juga bisa membuatnya.



Nahh mungkin hanya segini saja pembahasannya semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat dan juga terimakasih sudah berkunjung :D

Comments

  1. Makasih, izin nyontek buat tugas 😄😄

    ReplyDelete
  2. sangat membantu saya ini artikel..

    ReplyDelete
  3. asik bagus buat panduan ne.. tks gan

    ReplyDelete
  4. Izio comot ilmu gan ada tugas elektronika soalnya :D hehehe

    ReplyDelete
  5. Pas banget gan ane mau menghias kamar pakai flipflop , makasih ya

    ReplyDelete
  6. Izin copas gan buat tugas sekolah :'v

    ReplyDelete
  7. Ini buat lampu kelap kelip bukan ?

    ReplyDelete
  8. Sangat bermanfaat untuk saya karena saya suka sekali dengan elektronik bekas yang bisa di bongkar pasang

    ReplyDelete
  9. Sip gan mkasih sudah berkunjung

    ReplyDelete
  10. Cara kerja flip flop untuk LED ini membuat kedipan LED bergantian seperti LED yang digunakan untuk lampu penghias gitu ya gan?

    ReplyDelete
  11. Wah, bagus nih gan untuk yang belajar elektronika, bisa coba di rumah hehe...

    ReplyDelete
  12. Sedot dulu gan.. buat PR Sekolah

    ReplyDelete
  13. terimakasih atas kunjungannya di HMOriginal.my.id
    ternyata admin disini suka dengan dunia elektronik juga yaa..
    mampir lagi di HMOriginal untuk sharing tentang rangkaian arduino

    salam kenal mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya gan salam kenal juga semoga bisa saling bekerja sama :D

      Delete
  14. Itu kapasitor nya yang 100 uF atau 10uF sih? Sama kapasitor nya berapa volt??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya jelaskan di dalam artikel mohon dibaca dengan baik.. :)

      Delete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus