Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Hallo gan!! disini saya akan memberikan cara membuat sensor cahaya atau saklar otomatis sederhana yang menggunakan LDR sebagai sensornya. Sensor cahaya yang saya buat ini tidak menggunakan IC LM741 melainkan hanya menggunakan satu buah transistor yang berfungsi untuk menggerakan Relay dan juga tidak memerlukan banyak komponen untuk membuat rangkaiannya jadi tidak mengeluarkan biaya yang mahal untuk membeli komponennya. Namun sebelum masuk ke proses pembuatannya saya akan memberikan penjelasan singkat mengenai sensor cahaya.

SENSOR CAHAYA


Sensor cahaya adalah rangkaian elektronika yang dapat mengubah suatu besaran optik (cahaya) menjadi besaran elektrik. Dalam penggunaannya, sensor cahaya biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya digunakan sebagai rangkaian lampu otomatis. Contohnya lampu penerangan di jalan tol, lampu penerangan di rumah, dan lampu penerangan di taman. Dan ada juga fungsi lain dari sensor cahaya yaitu untuk sistem keamanan didalam rumah, contohnya sebagai security alarm anti maling dirumah. Selain itu ada juga penggunaan sensor cahaya sebagai penghitung juimlah kendaraan yang masuk dan keluar parkir.


Skema sensor cahaya sederhana :
Skema rangkaian sensor cahaya sederhana tanpa IC LM741 dan Relay
Skema rangkaian sensor cahaya sederhana tanpa IC LM741 dan Relay

Rangkaian di atas adalah rangkaian sensor cahaya ldr sederhana tanpa menggunkan ICLM741 dan tanpa relay. Prinsip kerja dari rangkaian di atas adalah saat ldr tidak terkena cahaya atau dalam keadaan gelap maka led akan menyala, sebaliknya jika ldr terkena cahaya maka led akan mati

JENIS KOMPONEN SENSOR CAHAYA

Komponen sensor cahaya terdiri dari beberapa jenis yaitu :

1. LDR (light Dependent Resistor)

Jenis pertama yang paling banyak digunakan dalam pembuatan sensor cahaya adalah LDR. Komponen tersebut bekerja berdasarkan perubahan resistansi ketika komponen tersebut dikenai cahaya atau sinar matahari.

2. Foto Transistor

Foto Transistor bekerja dengan prinsip yang mirip dengan photo cell atau sel matahari. Ketika permukaan transistor tersebut dikenai cahaya, maka energi cahaya akan dikonversi menjadi energi matahari. Dengan demikian, maka energi matahari yang dihasilkan tersebut dapat menggerakan relay, rangkaian dan berbagai instrument control lainnya.

3. Foto Dioda

Foto Dioda bekerja dengan prinsip yang menyerupai foto transistor. Cahaya yang diterima oleh foto dioda akan dikonversikan menjadi energi listrik. Foto dioda banyak dipergunakan pada jenis solar sel generasi pertama.

Biasanya sebuah foto dioda terdiri dari bagian berupa optical atau kaca pengumpul dan filter gelombang cahaya. Fungsi dan jenis komponen rangkaian sensor cahaya yang disebutkan terakhir ini memiliki persamaan yakni menggunakan semikonduktor sebagai media.

OKe setelah tau apa itu sensor cahaya mari kita lanjutkan cara pembuatan sensornya .


Bahan komponen yang diperlukan :

1. LDR 10k0hm

2. Transistor FCs9013

3. Dioda 1n4002

4. Relay 5VDC

5. Potensiometer 10k0hm

6. Saklar kecil

7. Lampu

8. LED biru

9. Resistor 220Ohm dan 470Ohm

10. Soket casan HP

11. Kabel secukupnya

12. PCB

13. steker

14. Fitting


Berikut adalah gambar skema sensor cahaya sederhana

Skema rangkaian sensor cahaya sederhana menggunakan relay
Skema rangkaian sensor cahaya sederhana menggunakan relay

Dalam pembuatan sensor rangkaian lampu otomatis menggunakan sensor cahaya, disini saya menggunakan jenis sensor cahaya ldr, karena harga sensor cahaya ldr ini bisa dibilang sangatlah bersahabat dengan kantong kita dan juga saya menggunakan tegangan sumber 5V DC (menggunakan charger HP).

Karena menurut saya semakin kecil penggunaan sumber tegangan maka semakin efisien dalam menghemat sumber tegangan.

Jadi bisa menggunakan power bank HP ataupun casan HP sebagai sumber tegangannya tanpa harus membeli baterai.

Dari gambar skema tersebut saya menghubungkan rangkaian ldr dengan relay.

Relay berfungsi sebagai saklar untuk manyalakan dan mematikan lampu yang besumber dari tegangan AC.


Keterangan komponen :

D1 adalah led indikator, R1 adalah Resistor 220r, R2 adalah Resistror 470r, RV1 adalah potensiometer, LDR1 adalah sensor LDR, Q1 adalah transistor FCS9013, D2 adalah dioda 1n4002, RL1 adalah relay, L1 adalah lampu, B1 adalah sumber tegangan (bisa menggunakan baterai, casan HP, atau Powerbank).

CARA PEMBUATAN

1. Solder terlebih dahulu komponen2 pada PCB, sesuaikan dengan skema diatas

2. Setelah itu hubungkan kabel dari relay ke Fitting tempat dimana lampu akan menyala

3. Setelah dihubungkan sambung kabel dan kemudian di solder

4. Kemudian jangan lupa hubungkan kabel dari baterai ke saklar dan hubungkan kabel dari saklar ke rangkaian kemudian solder.

5. Kemudian ujicoba dengan menjalankan rangkaiannya apakah berfungsi dengan baik atau ada kesalahan jika tidak ada kesalahan berarti membuat sensor cahaya ini sukses.

Jadi cara kerja sensor ldr yaitu apabila sensor menerima cahaya maka hambatannya bertambah yang mengakibatkan output dari sensor menjadi logika 0 dan lampu akan mati.

Sedangkan saat sensor tidak terkena cahaya maka hambatan pada ldr berkurang sehingga output sensor menjadi logika 1 yang membuat kaki basis pada transistor teraliri listrik sehingga relay dapat menyalakan lampu.
 

Sekian dari penjelasan tentang pembuatan sensor cahaya sederhana, mungkin masih banyak kekurangan nya. Jadi mohon berikan kritik atau saran agar penjelasan tersebut bisa lebih di pahami. Apabila ada yang ingin ditanyakan bisa menambahkan dikomentar… ^_^

Comments

  1. wih ni artikel kayanya sesuai dengan hobi ade saya, saya bookmark dulu ya gan

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Coba aja gan, bagus punya rumah lampunya bisa nyala otomatis kalo udh malem

      Delete
  3. Keren mas.. kalau mati lampu atau buat lampu tidur jadi enggak perlu on stopkontak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas bagus, jadinya otomatis gak perlu repot2 nyalain lampu

      Delete
  4. Pengen nyobain bikin jugaa nihh,,boleh juga ide nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan coba buat dirumah gan, bikin rumah agan jdi anti maling hehehe.. :D

      Delete
  5. apa ini konsepnya sama dengan sensor cahaya yg ada di smartphone y gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp konsepnya sama gan, sensor cahaya yang di smartphone itu nama sensornya Ambient light sensor, Sensor ini digunakan untuk mendeteksi cahaya di sekitar smartphone. Sensor ini membantu untuk merubah Brightness/penerangan layar smartphone. Jadi misal lingkungan sekitar kita cahayanya terang maka sensor ini akan menyesuaikan penerangan pada layar. Yang berbeda cuma penerapan nya dan jenis sensor cahaya yg digunakan. Mantap gan komennya :D, terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  6. thx infonya gan bisa di jadiin bahan refrensi klo ada tugas

    ReplyDelete
  7. agak ribet ya kalo di pikirin satu persatu hahaah

    ReplyDelete
  8. Itu input nya dc output nya ac ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mas, Input dan output dari rangkaian ini tetap tegangan DC, output dari rangkaian ini digunakan untuk menggerakan relay yg digunakan sebagai saklar pemutus dan penyambung lampu dengan tegangan AC. Jadi tegangan AC pada rangkaian ini bukan output rangkaian tapi sumber tegangan yg digunakan untuk menyalakan lampu listrik rumah

      Delete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led