Apa hukumnya tertidur hingga tidak shalat jumat?

Assalamualaikum.. ya pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana hukumnya jika tidak shalat Jumat karena ketiduran. Sebelum masuk kedalam pembahasan, artikel yang saya tulis ini bukanlah pendapat dari saya dalam menentukan hukumnya tidak shalat jumat karena ketiduran, melainkan pendapat dari uztad ataupun kiyai. Karena saya tidak berani dalam memberikan informasi tentang agama karena jika saya salah dalam memberikan informasinya maka saya akan berdosa dan juga saya bukanlah seorang uztad ataupun kiyai. Maka dari itu Saya disini hanya menyimpulkan beberapa informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber baik dari internet, maupun pendapat para uztad lainnya tentang bagaimana hukumnya jika tidak shalat jumat karena ketiduran.

Shalat jumat berjamaah
Shalat jumat berjamaah

Shalat jumat adalah shalat wajib 2 rakaat yang dilakukan oleh laki-laki pada hari Jumat yang dilaksanakan sesudah khutbah Jumat atau sesudah masuk waktu Dzuhur. Tentunya Shalat Jumat ini hukumnya wajib bagi laki-laki yang sudah baligh dan berakal. Namun akhir-akhir ini banyak laki-laki yang menyepelekan shalat jumat sehingga ia tidak melaksanakannya.

Mereka biasanya disibukkan dengan tugas ataupun pekerjaan yang membuat dirinya tidak melaksanakan shalat jumat atau juga bisa disebabkan karena orang tersebut lupa sehingga tidak melaksanakan shalat jumat. Tentunya kita sudah pasti berdosa jika meninggalkan shalat jumat, namun bila ada alasan tertentu yang membuatnya tidak bisa melaksanakan shalat jumat seperti sedang sakit maka ia bisa menggantikannya dengan shalat dzuhur.

Tidak melaksanakan shalat jumat tentunya bisa disebabkan karena disengaja maupun tidak disengaja. Jika kita dengan sengaja meninggalkan sholat jumat tentunya kita akan berdosa. Namun jika tidak sengaja maka segeralah untuk menggantikan shalat jumat dengan shalat dzuhur seperti biasa.


Namun bagaimana hukumnya jika tidak shalat jumat dikarenakan ketiduran? Apakah berdosa?
  1. Apabila ada sesorang yang tidur sebelum melaksanakan shalat jumat, tetapi ia tidak mengambil tindakan apapun agar bisa bangun sebelum melaksanakan shalat jumat, dan kemudian ia tidak bangun, maka ia tergolong orang yang meremehkan kewajiban shalat jumat.
Dalam Fatwa Syabakah Islamiyah dinyatakan,

(Fatwa Syabakah Islamiyah, no. 1579). Wajib bagi setiap muslim yang ingin tidur sebelum melaksanakan shalat jumat atau tidur sebelum melaksanakan shalat 5 waktu, hendaknya mengambil sebab yang bisa membantunya untuk bangun melaksanakan shalat pada waktunya. Misalnya dengan berpesan kepada orang yang dipercaya untuk membangunkannya atau dengan memasang alarm didekat kepalanya yang dapat membangunkannya, sehingga ia tidak tergolong kedalam orang yang meremehkan kewajiban.

2. Jika seseorang sangat mengantuk sebelum melaksanakan shalat jumat, kemudian ia berusaha mengambil sebab agar ia bisa bangun sebelum melaksanakan shalat jumat, tetapi ternyata ia malah tetap tidak bisa bangun, maka dia tidak bersalah.

Dalam lanjutan fatwa Syabakah Islamiyah, (Fatwa Syabakah Islamiyah, no. 1579) Kemudian jika dia benar-benar tidak bisa bangun, walaupun sudah berusaha mengambil sebab yang membuatnya agar bisa terbangun, dan juga ia sudah hati-hati. Maka ia tidak berdosa atau tidak dihukumi dosa.

Berdasarkan sabda dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, 


ﻟَﻴْﺲَ ﻓِﻰ ﺍﻟﻨَّﻮْﻡِ ﺗَﻔْﺮِﻳﻂٌ

“Orang yang ketiduran tidak dianggap meremehkan. “ (HR. Muslim)

Kemudian Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu juga mengatakan, 

ﻣَﻦْ ﺃَﺩْﺭَﻙَ ﺭَﻛْﻌَﺔً ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﻓَﻠْﻴُﺼَﻞِّ‏‎ ‎ﺇِﻟَﻴْﻬَﺎ ﺃُﺧْﺮَﻯ , ﻭَﻣَﻦْ ﻓَﺎﺗَﺘْﻪُ ﺍﻟﺮَّﻛْﻌَﺘَﺎﻥِ ﻓَﻠْﻴُﺼَﻞِّ‏‎ ‎ﺃَﺭْﺑَﻌًﺎ

Siapa yang mendapatkan satu rakaat bersama imam, hendaknya dia nambahi satu rakaat lagi. Dan siapa yang ketinggalan kedua rakaat jumatan, hendaknya dia shalat 4 rakaat. (Al-Mudawanah, 1/229)

Dijawab oleh Ustadz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasisyariah.com)

Comments

  1. makasih sudah mengingatkan gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan sudah kewajiban sesama muslim untuk mengingatkan hal kebaikan

      Delete
  2. saya pernah benar benar ketiduran sampai kelewat jumatan. tapi itu hanya terjadi sekali seumur hidup. tidak akan mengulanginya lagi T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pernah gan makanya saya bikin artikel ini

      Delete
  3. Jadi tau hukumnya.. terimakasih sudah menberi tahu min��

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum...
    saling mengingatkan dalam hal kebaikan adalah perintah Allah untuk setipa orang yang beriman. terimakasih gan artikelnya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam...
      Yap bener gan 😁,Sama2 gan. Thanks sudah berkunjung

      Delete
  5. Ternyata itu.. akhirnya saya paham betul akan semua itu hehe.. terima kasih banyak sukses selalu..

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah,sangat bermanfaat,,,

    ReplyDelete
  7. Hmm bgtu ya , klw bsa jng pernah tinggalin sholat jumat

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah saya sekarang jadi tau gan hukumnya nya apa setelah baca post ini. Thanks gan😏

    ReplyDelete
  9. baru tahu saya gan. terima kasih untuk informasinya

    ReplyDelete
  10. wah ane baru tahu gan thanks gan tambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama2. Terimakasih sudah berkunjung :D

      Delete
  11. Intinya memang tidak boleh meremehkan sholat, begitupula dengan puasa yang sebentar lagi masuk bulan Ramadhan

    ReplyDelete
  12. ohh Jadii Gituu Sangat Bermanfaat gann

    ReplyDelete
  13. Ada hukumnya ya....ijin share supaya pada ngerti

    ReplyDelete
  14. Klo kita gak sengaja tiba-tiba tidur, tp niat kita memang ga mau tidur itu gmn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo tdk disengaja gpp gan, tpi agan harus menggantikan shalat jumat dgn shalat dhuhur

      Delete
  15. baru tau kalaumeninggalkan sholat jumat karena tidur ada hukumnya

    ReplyDelete
  16. Mantap gan artikelnya buat renungan bersama.. nice

    ReplyDelete
  17. Wah, saya jadi tau gan, thanks. Next time pasti saya gak akan tidur sebelum sohlat jumat dah :D

    ReplyDelete
  18. ijin share gan biar temen2 ane tau

    ReplyDelete
  19. Waduh, ane malah sering banget ketiduran sebelum sholat jumat.

    ReplyDelete
  20. Gue mah udah jarang banget sholat jum'at . tapi katanya klau kaga sholat jum'at pintu rezeki nya di tutup . fakta nya ane sampe sekarang masih susah cari duit .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati2 gan kalo udah 3x tidak shalat jumat ada yg bilang udah disebut kafir gan

      Delete
  21. Gatau kenapa tiap mau sholat jumat itu ngantuk banget. Bahkan sering banget ketiduran.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led