Cara menjaga mata agar tetap sehat

Yaa pada kesempatan kali saya akan membahas bagaimana cara menjaga mata kita agar tetap sehat. Mata adalah indra penglihatan yang dimiliki seseorang yang dapat membantu melihat objek atau benda tertentu disekitarnya. Menjaga mata, tentunya menjadi sebuah kewajiban bagi kita. Mengapa begitu? karena jika mata yang kita miliki tidak dirawat dan dijaga, tentunya dapat menyebabkan beberapa gangguan penglihatan seperti mata rabun. 

Wanita berkacamata

Penyakit mata rabun pada umunya yang paling sering terdengar di telinga kita adalah mata plus dan minus. Mata plus adalah penyakit mata yang apabila melihat suatu benda atau objek yang dekat akan tampak kabur dan bila melihat dari jauh akan tampak jelas.

Penyakit mata ini bisanya menyerang orangtua yang sudah berusia lanjut. Hal ini biasa dianggap normal karena memang jika sudah berumur diatas 50 tahun penglihatan pada mata akan berkurang seiring umur yang semakin bertambah. Namun penyakit mata ini tidak hanya menyerang orangtua saja kadangkala juga bisa menyerang anak muda.

Mata minus adalah penyakit mata yang apabila melihat sesuatu baik benda atau objek yang jauh penglihatan akan tampak kabur dan bila melihat dari dekat akan tampak jelas. Penyakit mata minus ini sudah banyak menyerang anak muda bahkan anak-anak yang sudah menginjak sekolah dasar pun saat ini sudah banyak, mungkin biasanya mata minus bisa disebabkan karena kurangnya pengawasan orang tua dalam mengatur pola hidup anaknya, sehingga pola hidup anak menjadi kurang sehat. Seperti membiarkan anak bermain gadget dan menonton TV terlalu lama.

Namun ada beberapa cara merawat mata yg kita miliki agar bisa tetap sehat dan jernih serta menjaga mata agat tidak minus dan rabun. Dengan begitu mata kita dapat melihat dengan normal. Apa sajakah itu? Mari kita simak baik-baik…

1. Melakukan senam mata


Senam yang dimaksud bukanlah menggerakkan badan atau tubuh kita. Melainkan menggerakkan bola mata kita, gerakan dalam senam mata yang saya ketahui terdapat 10 macam gerakan. Namun saya hanya akan memberikan beberapa macam gerakan saja. Berikut adalah macam-macam gerakannya..

Yang pertama ialah menggerakkan bola mata dengan memutarkan bola mata kita, awali dengan memutarkan bola mata ke arah kanan ulangi sampai 6 kali, lalu kemudian memutarkan bola mata ke arah sebaliknya kiri ulangi sampai 6 kali juga.

Yang kedua adalah menekan-nekan mata kita dengan dua jari yaitu jari telunjuk dan jari tengah. Saat menekan mata kita jangan terlalu kuat dalam menekannya usahakan menekan dengan lembut. Ini bisa dilakukan sampai 6 kali

Yang ketiga adalah melatih mata dengan melihat objek benda. Dengan melihat benda dari dekat dan melihat benda dari jauh, hal ini digunakan untuk menyesuaikan mata agar bisa melatih kefokusan dalam melihat suatu objek baik dari dekat maupun jauh.

Yang keempat yaitu menggerakkan bola mata ke atas dan ke bawah. Lakukan gerakan ini dengan perlahan dan santai tidak perlu terburu-buru dan ulangi gerakan ini sebanyak 6 kali.

Yang kelima yaitu menggerakkan kedua bola mata ke arah kanan dan kiri lakukan selama 20 detik.

2. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A


Vitamin A adalah salah satu vitamin yang dapat menjaga mata kita menjadi lebih sehat. Vitamin A memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh, terutama untuk kesehatan mata kita. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A tentunya merupakan salah satu pencegahan dan pengobatan alami untuk mata, agar mata yang kita miliki tidak mengalami gangguan penglihatan.

Vitamin A bisa di temukan dalam makanan baik nabati maupun hewani. Makanan nabati yang banyak mengandung vitamin A biasanya terdapat pada sayur-sayuran, buah-buahan, dan juga biji-bijian.

Salah satu dari sekian banyak sayuran yang banyak mengandung vitamin A adalah Wortel. Dari sejak kecil tentunya kalian sudah tahu khasiat dari wortel yang bisa didapatkan oleh kita. Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang dapat mengobati mata maupun menjaga mata agar penglihatan kita tidak mengalami gangguan penglihatan seperti rabun.

Selain sayur-sayuran terdapat juga buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A. Salah satunya yang paling sering kita jumpai yaitu buah apel, pepaya, dan pisang. Ketiga buah ini sangat disarankan untuk dikonsumsi bagi penderita mata rabun jauh maupun juga untuk kita yang ingin menjaga mata agar tidak terkena gangguan penglihatan.

Untuk kalian yang ingin menjaga mata agar tidak terkena gangguan penglihatan seperti rabun, kalian harus sering mengkonsumsi beberapa sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A. salah satunya yang sudah saya sebutkan di atas tadi.

3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi


Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A ada salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga mata kita agar menjadi lebih sehat adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Lakukan dengan cara menutup mata kita kemudian arahkan wajah kita tepat ke arah sinar matahari datang, kemudian tunggu selama 1 menit setelah itu jangan langsung membuka mata kita tepat pada saat kita mengarahkan wajah kita ke matahari, tetetapi bukalah mata saat kepala kita ditundukkan ke bawah. Lakukan ini secara berulang hingga 5 kali.

Selain dapat menjaga kesehatan mata cara ini juga bisa dilakukan untuk mengecek apakah mata kita dalam kondisi yang baik atau mengalami beberapa gangguan penglihatan.

Untuk mengetahuinya bisa dilakukan dengan cara yang sama persis seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Apabila saat mata kita tertutup dan wajah kita sudah diarahkan ke arah sinar matahari, dan saat mata kita tertutup kita melihat warna merah ke oranye-oranyean maka maka mata kita dalam keadaan baik. Namun jika warna yang kita lihat saat mata kita tertutup tidak berwarna merah ke oranye-oranyean maka mata kita terdapat penyakit mungkin berupa gangguan penglihatan.

Untuk melakukan cara ini harus dilakukan saat pagi hari sekitar jam 7 sampai 8 pagi. Karena sinar matahari pagi yang baik untuk mata kita berada pada saat jam 7 sampai 8. Jika dilakukan di jam lebih dari itu cahaya matahari yang mengenai mata tidak baik dan juga tidak cocok untuk melakukan cara ini.

4. Kurangi menatap layar gadget atau TV


Dijaman yang serba digital ini tentunya banyak seseorang melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja yang mengharuskan menatap layar PC atau komputer ataupun menghabiskan waktu di rumah dengan melihat televisi atau menatap layar gadget dan ponsel.

Kebiasaan yang buruk ini jika dilakukan terus menerus dapat berpengaruh terhadap kualitas penglihatan pada mata kita. Tentunya kalian pasti sudah tau dampak dari menatap layar gadget atau TV yang terlalu lama dapat menurunkan kualitas penglihatan pada mata kita, ini di sebabkan kaena sinar radiasi yang di timbulkan dari layar gadget ataupun televisi.

Sinar radiasi inilah yang membuat mata kita menjadi berkurang kualitas penglihatannya. Maka dari itu coba untuk mengurangi aktivitas yang menatap layar gadget atau TV dalam waktu yang lama, mengingat dampaknya yang berbahaya bagi mata kita.

5. Jangan melakukan aktivitas mata dalam keadaan ruangan gelap


Yang dimaksud jangan melakukan aktivitas mata dalam keadaan ruangan gelap yaitu dilarang melakukan aktivitas seperti bermain Handphone saat ruangan dalam keadaan gelap, maupun membaca buku dalam keadaan ruangan yang cahayanya tidak terang.

Saat ini banyak sekali anak-anak muda yang bermain Handphone dalam keadaan ruangan yang gelap, biasanya dilakukan saat sebelum tidur. Tetapi tahukah anda jika menatap layar handphone atau gadget dalam ruangan yang gelap dapat meningkatkan resiko kebutaan.

Hal ini disebabkan karena sumber cahaya yang didapatkan oleh mata yaitu berasal dari Handphone atau gadget, mengingat sinar dari layar Handphone atau gadget yang tajam dapat membuat kinerja mata menjadi tidak baik dan juga sinar dari Handphone atau gadget dapat mengeluarkan radiasi yang dapat membuat mata menjadi rabun.

Aktivitas membaca juga tidak boleh dilakukan saat ruangan dalam keadaan cahaya yang kurang. Ini menyebabkan mata menjadi bekerja lebih keras untuk melihat, jika dilakukan terus menerus dampak yang ditimbulkan yaitu berupa gangguan penglihatan.

Maka dari itu jika ingin melakukan aktivitas seperti bermain Handphone ataupun membaca janganlah dalam keadaan ruangan yang gelap.

6. Jangan menatap layar gadget atau TV terlalu dekat


Menatap layar gadget atau TV terlalu dekat dapat menyebabkan mata mengalamai beberapa gangguan penglihatan. Gangguan penglihatan yang didapatkan yaitu mata menjadi minus, yaitu melihat benda jauh atau objek menjadi kabur atau buram.

Hal ini disebabkan karena otot siliaris pada mata sudah tidak elatis lagi dikarenakan mata sudah tidak terlatih lagi untuk melihat objek yang jauh. Karena mata sudah biasa melihat dalam keadaan dekat terlalu lama inilah yang menyebabkan otot siliaris pada mata menjadi tidak seperti keadaan normal lagi.

Sebaiknya jika ingin memiliki mata yang sehat tentunya untuk menatap layar Handphone kita harus memberi jarak untuk menatap kurang lebih sekitar 30 cm dan untuk melihat TV jarak normalnya ialah 50 cm ini dimaksudkan agar mata kita tidak cepat kelelahan. 

7. Istirahat yang cukup


Hal ini perlu diperhatikan juga, selain badan ataupun tubuh mata juga perlu beristirahat. Aktivitas yang berlebihan seperti melihat komputer, menatap layar gadget, membaca buku, mononton televisi dapat menyebabkan mata mengalami kelelahan. Begadang juga dapat membuat mata kita menjadi kelelahan karena mata dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk melihat.

Jika mata tidak istirahat maka dampak yang timbul bisa berupa gangguan penglihatan seperti rabun dan juga bisa menyebabkan mata menjadi sakit. Untuk mengistirahatkan mata cukup hanya dengan tidur, Karena untuk mengembalikan energi dan membuat kinerja mata menjadi normal lagi diperlukan istirahat seperti tidur.

Yaa mungkin hanya segini saja dari pembahasan bagaimana cara menjaga mata agar tetap sehat, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan terimakasih sudah berkunjung :D


Comments

  1. saya terlalu sering didepan kompi sejak SMP sampai sekarang kuliah mata jadi minus..terima kasih sarannya kebetulan wortel dirumah selalu tersedia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yo sama2 gan, klo bisa kurangi aktivitas menatap layar pc atau gadget

      Delete
  2. thanks.. berguna banget untuk saya.

    ReplyDelete
  3. ane sih suka makan wortel gan, alhamdulillah walaupun setiap saat main hp dan komputer mata saya masih sehat sehat saja hehe

    ReplyDelete
  4. berguna banget, karena mata saya rada burem

    ReplyDelete
  5. patut di coba nihh, thanks infonya bermanfaat..

    ReplyDelete
  6. Patut dicoba nih, tapi yg susah dijalanin yang menatap gadget terlalu lama itu soalnya udah kebiasaan.

    ReplyDelete
  7. Wow bgt... thanks dh, sgt mbantu. 👍

    ReplyDelete
  8. Saya kira memakan wortel saja yang mampu menjaga kesehatan mata ternyata masih banyak cara yang lain toh, terima kasih sudah mau berbagi info gan

    ReplyDelete
  9. coccok sekali gan artikelnya, terutama yang sering bekerja didepan pc atau orang kantoran, yang perlu menjaga kesehatan matanya

    ReplyDelete
  10. kebetulan banget mata ane lagi loyo, langsung terapkan deh

    ReplyDelete
  11. Saya sering mengonsumsi wortel untuk kesehatan mata. Senam mata dan menghadapkan mata pada matahari tidak pernah dilakukan. Semoga bisa membantu menyehatkan mata.

    ReplyDelete
  12. Bener gan q nsering mengalamai seharian natap monitor malam terasa sakit di daerah mata

    ReplyDelete
  13. Artikel yang ane butuhkan,tiap hari selalu didepan kompi buat ngerjain tugas,maklum gan anak TI :(

    ReplyDelete
  14. Kalo Mark Zuckerberg itu dia sering main komputer saat keadaan gelap itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin dengan mematikan lampu saat bekerja di komputer merupakan kenyaman beliau dalam bekerja di depan komputer. Tetapi dalam kasus tersebut sebenarnya itu sangat tidak baik untuk kesehatan mata

      Delete
  15. Poin no.4 menatap layar tv & gadget untuk pola hidup zaman sekarang yg sangat berpengaruh besar bgt terhadap kesehatan mata gan.

    ReplyDelete
  16. yang saya jarang lakuin senam mata nih, keliatannya sangat berguna ya gan

    ReplyDelete
  17. Kalo saya suka makan ati ayam gan, itu juga punya vit A yg paling tinggi

    ReplyDelete
  18. Mata kita harus dijaga dengan baik baik, dan artikel ini memberikan pembahasan yang terbaik, terimakasih gan

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah tips membantu pas juga saya lagi rabun jauh

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led