Membuat powerbank sederhana

Assalamualaikum.. ya kali ini saya akan membahas tentang bagaimaina cara membuat powerbank sederhana. Nahh siapa sih yang tidak kenal dengan barang elektronik jenis ini.. Tentunya sudah pasti kalian kenal dengan barang elektronik ini. Apalagi untuk anak-anak muda, pelajar, maupun para traveler pasti memiliki barang elektonik ini, yang jelas powerbank sudah tidak asing lagi bagi kita.

Namun sebelum masuk ke cara pembuatan powerbank sederhana, saya akan memberikan penjelasan singkat mengenai powerbank.

Powerbank adalah barang elektronik yang digunakan sebagai alat pengisian darurat saat ponsel atau smartphone sudah kehabisan baterai atau energi yang dimiliki pada ponsel atau smartphone sudah habis. Sudah jelas jika fungsi umum dari powerbank itu adalah sebagai tempat pengisisan ulang batre ponsel atau smartphone.

Namun selain sebagai tempat untuk pengisian ulang batre posel atau smatphone powerbank juga bisa dijadikan sebagai catu daya untuk memberikan sumber tegangan listrik ke beberapa rangkaian elektronik. Akan tetapi tegangan yang dihasilkan dari powerbank hanya sebesar 5V DC.

Dalam powerbank terdapat baterai yg digunakan untuk menyimpan energi listrik dan sebagai sumber energi untuk ponsel atau smartphone. Biasanya powerbank dibuat dengan berbagai macam bentuk dan daya listrik yang berbeda-beda, semakin besar penyimpanan energi listrik dalam power bank maka semakin bagus powerbank tersebut.

Karena powerbank yang memiliki penyimpanan energi listrik yang besar mampu memberikan sumber daya listrik yang lama dan awet sehingga powerbank masih bisa digunakan beberapa kali untuk melakukan pengisian batre smartphone.

Akan tetapi jika penyimpanan energy listrik dalam powerbank semakin besar maka harga powerbank itu semakin mahal. Tentunya harga powerbank yang mahal sangatlah tidak bersahabat dengan kantong kita apalagi untuk kalangan pelajar. 

Disaat kondisi kalian yang tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli powerbank, saya sarankan untuk berpikir kreatif dengan membuat powerbank rakitan sederhana. Karena bahan dan komponen elektronika yang digunakan untuk membuat powerbank sederhana bisa dibilang cukup terjangkau dengan kantong kita.

Baiklah setelah mengetahui penjelasan singkat tentang powerbank, mari kita mulai saja pembahasannya..

Pertama-tama siapkan bahan dan komponen yang akan digunakan untuk membuat dan merakit powerbank sederhana. Bahan dan komponen yang diperlukan ialah :

1. Saklar kecil atau switch (1 buah)

2. IC regulator 7805 (1 buah)

3. Resistor 470 ohm (1 buah)

4. LED merah (1 buah) terserah kalian bisa ganti LED warna apa saja

5. Kapasitor elektrik 100uf (1 buah) dan 10uf (1 buah)

6. USB conncector Female (1 buah)

7. Baterai 9v (1 buah)

8. PCB atau project circuit board (1 buah)

9. Kabel secukupnya

Berikut adalah gambar skema powerbank sederhana 

Dari skema diatas bisa dilihat bahwa saya menggunakan ic regulator 7805 untuk menghasilkan tengangan 5V DC. Karena standar normal keluaran tegangan listrik yang dihasilkan dari powerbank ialah 5V DC, dan juga saya menggunakan batre yang berfungsi sebagai sumber dan penyimpan tegangan listrik. Saklar pada rangkaian tersebut digunakan untuk menghidupkan atau mematikan powerbank sehingga batre pada powerbank bisa lebih tahan lama dan tidak cepat habis listriknya.

Untuk memastikan apakah rangkaian yang sudah saya buat itu berfungsi dengan baik atau tidak, kita bisa mengeceknya dengan software proteus. Jika kalian belum mengetahui apa itu proteus


Dengan software proteus kita bisa mengetahui apakah rangkaian yang saya buat ini terdapat kesalahan atau tidak dan juga bisa melakukan simulasi rangkaian ini.

Dari hasil pengujian saya dengan menggunakan softaware proteus bahwa tegangan yang dihasilkan powerbank itu sebesar 5V DC. Tegangan 5V DC sudah masuk kedalam standar tegangan yang dihasilkan pada powerbank. Jadi sudah jelas bahwa rangkaian yang saya buat benar-benar berfungsi dengan baik. Jadi kalian tidak usah ragu lagi untuk mencoba rangkaian powerbank sederhana ini.

Baiklah yang dilakukan setelah membeli bahan dan komponen ialah :

1. Merakit dan menyolder komponen pada PCB, usahakan sesuai dengan skema yang telah dibuat. Kemudian hasil dari merakit dan menyolder komponen seperti ini..


2. Setelah merakit sambungkan kabel penghubung dari batre bagian positif ke saklar dan sambungkan lagi kabel pada batre bagian negatif ke jalur negative dari rangkaian tersebut.

3. Setelah itu jangan lupa untuk menyambungkan kabel dari saklar ke jalur positif rangkaian powerbank agar powerbank bisa di on dan off kan

4. Jangan lupa perhatikan pada kaki USB connector FEMALE 

Bagian kaki USB yang disambungkan ke rangkaian hanya kaki 1 dan 4. Jika kalian tidak mengerti mana kaki 1 dan 4, kalian hubungkan saja bagian kaki paling ujung kanan dan kiri USB. Bagian kaki tengan yang terdapat 2 kaki itu sebaiknya tidak dihubungkan karena fungsi dari kaki 3 dan 4 hanya sebagai mentransfer data.

5. Setelah menghubungkan semuanya tiba saatnya untuk melakukan uji coba apakah rangkaian nya bisa atau tidak silahkan kalian uji sendiri

6. Setelah mengecek dan menguji rangkaian dan ternyata tidak ada kesalahan lagi maka tahap finishinngnya yaitu membuat body atau kerangka luar, fungsi dari dibuatkannya body agar rangkaian powerbank bisa terlindungi dari benda-benda luar yang dapat merusak rangkaian dalam powerbank itu sendiri dan juga agar saat kita memegang powerbank tangan kita bisa terlindungi dari sengatan listrik pada powerbank.

Catatan :
Penggunaan batre yang saya pakai dalam membuat powerbank sederhana saya menggunakan baterai laptop, karena baterai jenis ini bisa di isi ulang atau di cas ketika batre pada powerbank habis, namun jika kalian tidak punya batre bekas laptop kalian bisa menggunakan batre abc untuk membuat power bank sederhana


yaa sekian dari penjelasan artikel ini semoga bermanfaat dan dapat membantu khususnya yang ingin mencoba membuat powerbank sederhana. Apabila ada yang ingin ditanyakan bisa dituliskan pada kolom komentar dan juga terimakasih sudah berkunjung.. :D

Comments

  1. Kreatif banget agan ini ya! kapan-kapan bisa saya coba nih. Bahan-bahanya beli dimana ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toko elektronik gan biasanya bahan dan komponen dijual lengkap disitu

      Delete
  2. Kreatif, tapi agak ribet ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emg rada ribet sih namanya juga buat powerbank sendiri, klo gampang mah tinggal beli 😂

      Delete
  3. infonya sangat bagus gan, terima kasih sudah mau berbagi

    ReplyDelete
  4. Kreatif banget gan, cuman kayanya rumit banget, mending beli aja 😂

    ReplyDelete
  5. Dilihat sih enak.. nggak tau pas prakteknya :D

    ReplyDelete
  6. Artikel yang mengajarkan kreatifitas, terimakasih infonya

    ReplyDelete
  7. mantab gan artikelnya jadi pngen nyoba, kbetulan sayaa anak mekatronika gan, kretif juga idenya ini

    ReplyDelete
  8. Nice info gan...ntar saya coba deh..

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Ane dapet referensi dari pelajaran waktu smk gan

      Delete
  10. tapi aman gak power banknya untuk smartphonenya sendiri?

    ReplyDelete
  11. kreatif banget ide nya, keren nih. ane jadi pengen coba buat kapan kpn nih hehe btw cepat rusak gak gan?

    ReplyDelete
  12. wih bisa buat hemat uang nih tanpa perlu beli ternyata buat aja mudah thank sob infonya

    ReplyDelete
  13. wah kreatif banget bro, ane aja ga smpe kepikiran bisa kyk gitu ya. Nice info broo

    ReplyDelete
  14. Langsung mau coba bikin nih... :)

    ReplyDelete
  15. Thanks, artikelnya bermanfaat banget, langsung mau di coba nih.

    ReplyDelete
  16. mantap,, makasih bro infonya, bisa langsung praktekin

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led