Pameran karya seni rupa dan kegunaan pameran karya seni rupa di sekolah

Suatu barang seni rupa yang memiliki nilai tinggi tentunya pasti akan dijaga dan dilindungi agar tidak rusak dari gangguan yang dapat membuat seni itu menjadi hilang nilai seni nya. Untuk melindungi dan menjaga barang-barang seni supaya masih bisa dinikmati keindahannya lagi maka diperlukan sebuah pameran karya seni rupa. Selain itu dengan diadakannya pameran karya seni rupa dapat dijadikan sarana untuk memberikan informasi serta edukasi kepada orang-orang tentang karya seni rupa.

Pameran karya seni rupa
Pameran karya seni rupa

Pameran karya seni rupa adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan hasil suatu karya seni rupa yang sudah dibuat kepada masyarakat luas. Hasil karya yang biasanya dijadikan objek pameran, dapat berupa batik, topeng, celup ikat, rangkaian berbagai biji, permainan bertali, merangkai bunga. 

Dengan adanya pameran karya seni rupa disekolah banyak hal positif yang bisa didapat oleh para siswa. Dan juga ada beberapa tujuan dan manfaat yang bisa didapat dengan diadakannya pameran karya seni rupa disekolah. Berikut adalah beberapa tujuan dan manfaat yang didapat dari pameran karya seni rupa.

Tujuan diadakannya pameran karya seni rupa :


  1. Bisa dijadikan tempat untuk mengukur tingkat kekreativitasan siswa dalam membuat karya seni baik seni rupa murni maupun terapan.

  2. Untuk meningkatkan minat dan kecintaan para siswa akan seni rupa dan juga bisa dijadikan sarana pembelajaran serta pengembangan potensi siswa dalam hal seni rupa.

Manfaat yang bisa didapat dengan diadakannya pameran karya seni rupa disekolah yaitu :


  • Dapat memberikan wawasan para siswa tentang karya seni rupa serta menumbuh kembangkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi karya seni rupa.

  • Membangkitkan rasa cinta dan semangat akan seni rupa dengan berkarya dalam membuat karya seni rupa dan juga dapat melatih para siswa dalam hal kerjasama yang baik dan benar.

  • Dapat memperkenalkan barang-barang karya seni rupa yang memiliki sejarah yang tinggi dan budaya daerah yang di tuangkan dalam karya seni rupa yang dibuat.

  • Meningkatkan kemampuan berkarya

  • Dapat melakukan penilaian dan evaluasi

  • Sebagai sarana apresiasi dan hiburan

  • Melatih siswa untuk bermasyarakat

Hasil karya seni ini tentunya sangat indah sehingga dapat menarik banyak orang untuk datang dan melihatnya. Sebelum pameran dilaksanakan sebaiknya direncanakan dengan baik agar dapat berhasil dengan sukses. Langkah-langkah dalam mengadakan pameran karya seni rupa sebagai berikut.

Dalam melaksanakan pameran, seluruh panitia penyelenggara mulai mempersiapkan dan menata hasil karya seni rupa dalam bentuk pameran yang meliputi :

  1. Semua hasil karya kerajinan dikelompokkan sesuai dengan jenis karya supaya para pengunjung lebih mudah dalam menikmatinya.

  2. Karya-karya yang dapat digantung atau ditempel di dinding harus diatur dengan rapi.

    • Ukuran kecil digabung dalam satu bagian dan dipisahkan dari ukuran besar.
    • Bagian tengah bidang gambar dijadikan titik pusat.

  3. Ruangan pameran harus bersih dan dihias dengan indah.

  4. Setiap hasil karya sebaiknya dilengkapi dengan keterangan yang jelas. Misalnya judul karya, nama si pembuat, asal usul karya.

  5. Hasil karya akan dijual, diberi label harga.

  6. Pencahayaan dalam pameran dapat memanfaatkan cahaya matahari dan buatan.
    Untuk pencahayaan buatan dapat menggunakan :

    • Cahaya penerangan ruang (bersifat umum) berfungsi untuk memberi kesempatan kepada pengunjung dalam membaca katalog atau folder.
    • Cahaya khusus berfungsi menerangi karya secara terfokus.

Kegunaan  pameran karya seni rupa di sekolah :


Pameran merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam bidang kesenirupaan, karena kegiatan pameran sangat baik sekali kegunaanya baik bagi siswa, seniman, pengamat seni rupa, maupun bagi perkembangan seni rupa pada umumnya. Kegunaan pameran karya seni rupa disekolah yaitu dengan Melalui pameran, seorang siswa bisa memperkenalkan karya-karyanya kepada masyarakat baik dilingkungan sekolah ataupun masyarakat umum untuk dilihat, dinilai, dikagumi, dikritik. 


Fungsi dari pameran karya seni rupa di sekolah :


Pameran karya seni rupa disekolah selain digunakan sebagai tempat untuk memerkan karya seni kepada masyarakat. Ada pula fungsi dari pameran karya seni rupa disekolah yaitu dapat menumbuhkan motivasi dalam mengapresiasi karya seni yang dibuat oleh para seniman pada masyarakat maupun siswa dan juga bisa dijadikan tempat untuk berlatih bagi para siswa dalam hal berorganisasi serta membentuk karakter siswa yang baik.

Jenis-jenis pameran


Pameran berdasarkan pada jumlah seniman yang tampil, pameran dapat dibedakan sebagai berikut.

  • Pameran perorangan atau pemeran tunggal
  • Pameran kelompok, baik seniman dalam suatu sanggar atau satu almamater, kelompok seniman dalam suatu aliran dan kelompok lainnya.

Rancangan dan persiapan pameran kelas

  1. Rancangan pameran

    Dalam menyelenggarakan pameran kelas, kita perlu memerhatikan dan merencanakan hal-hal sebagai berikut.

    1. Menentukan tema
    2. Menentukan rencana kegiatan
    3. Memperkirakan biaya

  2. Persiapan pameran kelas

    Adapun yang harus perlu dipersiapkan dalam mengadakan persiapan pameran kelas antara lain :

    1. Mengumpulkan hasil karya
    2. Membuat kelengkapan acara
    3. Menata ruang

  3. Menata hasil karya seni rupa dua dimensi

    Tatalah ruang kelas sedemikian rupa sehingga hasil karya seni rupa dapat terpajang dan dapat dilihat oleh pengunjung. Karya dua dimensi biasanya dipajang dengan cara digantung pada papan panel dalam posisi yang sejajar dengan pandangan mata, sehingga penonton dalam melihatnya tidak dalam posisi menunduk atau menengadah.

  4. Menata hasil karya seni rupa tiga dimensi

    Karya seni rupa tiga dimensi biasanya dipajang pada meja pedestal. Supaya para pengunjung dapat melihat dari segala arah, hasil karya seni rupa tiga dimensi diletakkan pada posisi tengah ruangan pameran. Selain itu juga perlu dikelompokkan tersendiri di sudut ruangan pameran dan dipisahkan dari seni rupa dua dimensi.

    Dalam pameran karya seni rupa, karya seni yang memiliki satu tema dapat dijadikan satu atau didekatkan satu sama lain sebagai satu kumpulan karya seni. Tujuannya adalah untuk membentuk suasana hati tertentu bagi pengunjungnya.

Comments

  1. Pameran memang sangat dibutuhkan agar kita bisa lebih baik dalam mengembangkan karya seni.

    ReplyDelete
  2. Pameran seni itu indah dan mahal. Tidak semua org bisa membuat nya

    ReplyDelete
  3. Kalo baca materi pelajaran sekolah gini, jadi pengen kembali ke sekolah

    ReplyDelete
  4. saya sering datang ke pameran seni, mantap mantap karyanya harganya pun bikin melongo

    ReplyDelete
  5. Pameran sih sangat dibutuhkan di sekolah tapi sekolah ane kaga pernah buat acara begituan .-.

    ReplyDelete
  6. ingat waktu dulu ada pameran seni rupa,ane dpt tugas buat datang n guru bahasa indonesia buat bikin karya tulis mengenai pameran tsbut..masa sekolah takkan terulang...

    ReplyDelete
  7. Seniman sesekali wajib ngadain pameran karya yang udh dia hasilkan, setidaknya supaya orang tau dan bisa menilai skillnya

    ReplyDelete
  8. Mantap gan.... buat implementasi dr pendidikan seni emang penting buat kedepan.a

    ReplyDelete
  9. salah satu agar Seni di Apresiasi orang adalah membuat Pameran.

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led