Software yang cocok untuk pemrograman web html

Assalamualaikum.. ya kali ini saya akan membahas tentang software yang bagus dan cocok untuk membuat program html atapun pemrograman lainnya. Di zaman yang serba online ini tentunya kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan pemrograman html. Html diguanakan untuk membentuk dan membangun sebuah web site.

Dalam pembuatan sebuah web site dibutuhkan software yang bisa digunakan untuk mengedit dan membuat program html. Saat ini banyak sekali jenis software yang dapat membantu dalam proses penyusunan program html untuk membuat web. Software yang digunakan untuk mengedit dan membuat program tersebut dinamai dengan text editor.

Tampilan text editor Sublime Text
Tampilan text editor Sublime Text

Text editor adalah Software yang digunakan sebagai tempat untuk menyusun dan membuat sebuah program. Text editor dibuat untuk membantu para programmer dalam membuat suatu project yang berhubungan dengan bahasa pemrograman. Namun dari banyaknnya versi dan jenis text editor, ada beberapa text editor yang menurut saya sangat cocok untuk membuat program Html.

Baiklah Software text editor yang paling bagus dan cocok untuk membuat program html adalah :

Sublime Text


yaa Sublime Text ini merupakan salah satu dari sekian banyaknya text editor yang dibuat di dunia pemrograman. Sublime Text memiliki banyak fitur yang bisa digunakan untuk membantu dalam membuat program, salah satu fitur tersebut ialah dapat memilih jenis bahasa pemrograman yang akan dibuat dan disusun dalam text editor. Banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang bisa dipakai pada text editor Sublime Text ini seperti CSS, Html, JS, PHP, C++, C#, C, Pascal dan masih banyak lagi.

Namun disini saya akan bahas penggunaan Sublime Text sebagai text editor html. Saat menggunakan text editor Sublime Text untuk membuat program html, text editor Sublime Text memiliki fitur otomatis untuk menyusun kode tag html.

Untuk mencoba fitur ini kalian bisa buka text editor Sublime Text terlebih dahulu, kemudian tekan Ctrl + N untuk membuat program baru, setelah itu jangan lupa ubah bentuk bahasa pemrogramannya menjadi format Html. Jika sudah coba ketikan html kemudian tekan TAB pada key board, maka secara otomatis akan tersusun rancangan kode htmlnya, jadi tidak perlu repot mengetik head atau body lagi karena sudah langsung otomatis tersusun.

selain itu jika kita membuat tag html pembuka maka kita tidak perlu repot-repot menuliskan secara lengkap kode tag penutup htmlnya. Misal tag pembuka button untuk menutup tag kode button tidak perlu repot-repot menulisnya secara lengkap, kita bisa mengetik pada papan key board </ saja maka secara otomatis akan langsung membuat tag penutup button.

Selain itu text editor Sublime Text ini sangalah ringan dan cepat untuk menjalankan program aplikasi ini, sehingga sangat nyaman sekali bila saat ingin menyusun atau membuat kode-kode Html tanpa khawatir nge lag. Dan ukuran dari file text editor ini tidak besar sehingga tidak akan memakan ruang penyimpanan yang banyak pada PC atau komputer.

Jika kalian ingin mendownloadnya kalian bisa kunjungi web aslinya dan download sesuai dengan Operation System yang dimiliki oleh PC atau komputer. Berikut adalah web asli untuk mendownload text editor Sublime Text kunjungi situsnya . Di web tersebut terdapat berbagai pilihan versi Sublime Text. Coba Download yang versi terbarunya yaitu Sublime Text 3 saya juga menggunakan text editor Sublime Text 3.

Mungkin masih ada lagi text editor yang bagus selain Sublime Text saja, seperti Notepad++. Kedua text editor ini sangatlah banyak penggunanya. Tapi entah kenapa saya pribadi lebih senang dengan Sublime Text. :D Yaa sekian dari penjelaasan arikel ini semoga bermanfaat khususnya yang masih awam tentang text editor yang cocok untuk membuat web dengan program Html. Dan Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk berkunjung disini.

Comments

  1. Ada yang buat aplikasi android gak mas, soalnya gak punya pc nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada gan text editor untuk android, coba cari di playstore 920 Text Editor disitu lengkap gan ada Html, css, java, phyton, dll.

      Delete
  2. Kalo aku pakek notepad++ soalnya emang adek biasa pake itu, jadinya ketularan..
    Tapi makasih sarannya kak, bisa buat cadangan haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gan sama2 itu semua sih tergantung selera, saya make text editor sublime text emang karena kemudahanya dalam proses pengetikan program yg lebih cepat

      Delete
  3. Wah mantap gan, saya dari dulu pengen belajar yg beginian tapi bingung untuk memulai nya, program ini termasuk untuk membuat template yg kita gunakan bukan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan bisa juga digunakan untuk edit2 template atau juga untuk membuat template

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Tambahan gan, adobe dreamweaver sama WYSIWYG.. Saya waktu sekolah pakenya itu

    ReplyDelete
  5. iya gan adobe dreamweaver nih biasanya ane makenya, tapi kalau untuk html notepad +++ udah cukup gan kecuali pake php java script dll, baru ke adobe dreamweaver

    ReplyDelete
  6. baru tau Sublime text euy. ane dari dulu belajar html pakainya adobe dreamweaver atau notepad++

    Btw ane udah coba versi portablenya, emang relatif lebih enak ini dari notepad++

    Cuma belum biasa sama tampilannya yang agak gelap hehe

    ReplyDelete
  7. Yg untuk android di poat juga dong gan...gak punya pc ane, mau belajar html

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap gan selanjutnya akan saya buatkan artikelnya

      Delete
  8. waw,fiturnya lebih lengkap ya,daripada notepad++

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led