Rangkaian running led (led berjalan) sederhana tanpa program

Assalamualaikum.. Halo ganns udah lama nih mimin gak update di blog soalnya udah mulai sibuk sama kuliah, tapi kali ini mimin sempetin untuk berbagi ilmu. Ya pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang rangkaian running led atau led berjalan. Mungkin sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan running led atau led berjalan ini. Apalagi anak-anak smk yang mengambil jurusan elektro atau kelistrikan maupun juga orang-orang yang sudah mengenal tentang elektro pasti tau dengan rangkaian ini. Tapi ada juga sebagian orang yang awam dan belum tau apa itu running led dan kegunaan itu untuk apa.

Jadi running led atau led berjalan adalah sebuah rangkaian elektronika yang tersusun dari beberapa led dan komponen lainnya yang berfungsi untuk mennghidupkan beberapa led dan menampilkan cahaya pada led dengan efek cahaya seperti berjalan atau berpindah.

Rangkaian running led yang saya bahas disini ialah rangkaian running led atau led berjalan yang sederhana. Dibilang sederhana karena dalam proses pembuatannya tidak memerlukan banyak komponen bisa dibilang sangat simple tapi menawan, sehingga tidak mengeluarkan banyak biaya untuk membuat rangkaian ini. Bahkan rangkaian running led ini pun tidak membutuhkan program untuk menjalankan efek cahaya pada rangkaian led berjalan. Jadi sangat mudah sekali untuk membuatnya.


Berikut adalah skema rangkaian running led (led berjalan) sederhana tanpa program :

Skema rangkaian running led (led berjalan) sederhana tanpa program
Skema rangkaian running led (led berjalan) sederhana tanpa program



keterangan komponen :

RV1 = potensiometer 10K, C1 = kapasitor non polar 22nf, C2 = kapasitor polar 30uf, U1 = IC NE555, U2 = IC 4017, R1 = Resistor 120 ohm, D1 …D10 = Led kuning/yellow 


Dari skema rangkaian diatas dijelaskan bahwa rangkaian running led atau led berjalan sederhana tanpa program ini untuk menghidupkan atau untuk menjalankannya dibutuhkan tegangan sumber sebesar 5V DC. Sumber tegangan boleh menggunakan batre atau power bank atau juga bisa menggunakan charger hp. Ini dimaksudkan agar kita bisa lebih irit jadi tidak perlu beli batre lagi.


Dan terdapat dua buah IC yang digunakan pada rangkaian ini untuk memproses dan menampilkan efek cahaya yang tampak berjalan pada led. Yang pertama yaitu IC NE555. IC NE55 digunakan untuk membuat sinyal clock. Sinyal clock ini sangat dibutuhkan oleh IC 4017, jadi tanpa IC NE555 IC 4017 tidak mungkin berjalan. Yang kedua adalah IC 4017, ic ini digunakan untuk menyalakan dan mematikan led secara bergantian dan berurutan. IC 4017 ini lah yang membuat efek cahaya pada led bisa tampak seperti berjalan.

Selain itu ada satu komponen lagi yang sangat penting yaitu komponen potensiometer. Potensiometer atau trimpot yang ada pada gambar skema rangkaian running led (led berjalan) sederhana tanpa program di atas itu digunakan untuk mengatur kecepatan perpindahan nyalanya lampu pada led. Sehingga kita dapat mengatur kecepatan nyalanya led secara bergantian dari running led ini sesuai selera masing-masing.

Jika kalian ingin membuatnya, maka diperlukan bahan-bahan dan komponen yang digunakan untuk membuat rangkaian running led ini, berikut adalah bahan-bahan dan komponen yang perlu disiapkan :

  1. Batre 5V DC/Bisa juga menggunakan charger HP atau powerbank (1 buah)

  2. Potensiometer/Trimpot 10k (1 buah)

  3. Resistor 120 ohm (1 buah)

  4. Kapasitor non polar 22nf (1 buah)

  5. Kapasitor polar 30 uf (1 buah)

  6. IC NE555 (1 buah)

  7. IC 4017 (1 buah)

  8. Led kuning/yellow (10 buah)

  9. PCB (1 buah)

Adapun yang dimaksud led berjalan ini bukan lah led yang bisa bergerak bahkan bisa berjalan hmm :3 Karena tidak mungkin benda mati bisa bergerak layaknya makhluk hidup. Tetapi yang dimaksud ialah sinar yang dipancarkan oleh lampu led pada rangkaian led berjalan itu menimbulkan efek cahaya yang tampak seperti berjalan, sebenarnya itu adalah pergantian nyalanya lampu led secara berurutan dengan waktu yang relatif cepat, sehingga mata kita yang melihat cahaya pada led tersebut menganggap bahwa led itu seperti berjalan atau bergerak. Semoga anda tidak salah kaprah :D.

Fungsi dan kegunaan rangkaian ini pada umumnya ialah hanya sebagai penghias ruangan, namun rangkaian led berjalan juga bisa digunakan sebagai lampu penghias pohon natal, sebagai penghias pagar-pagar taman, dan juga bisa digunakan untuk menghias jembatan antar pulau. Ataupun bisa juga digunakan untuk menghias rumah saat merayakan 17 Agustus hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Barangkali kalian minat untuk menghias rumah dengan rangkaian running led atau led berjalan ini saat 17 agustusan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Mungkin sampai sini saja dari pembahasan tentang rangkaian running led (led berjalan) sederhana tanpa program. Semoga bermanfaat dan dapat membantu menyelesaikan tugas. Dan mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan kata atau kalimat di artikel ini karena saya juga masih belajar dalam membuat penulisan artikel yang baik. Terimakasih sudah datang di blog ini..  

Comments

  1. Bagus kaya ny buat lampu led bwt aquarium. Ijin cobha gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan gan siapa tau kalo dipasang bisa mempercantik aquariumnya

      Delete
    2. Gan.. Klo mo buat supaya bisa sekali nyala semua dan juga bisa nyala running gmn caranya.

      Delete
  2. terimakasih gan sangat membantu dalam pembuatan led di kafe saya

    ReplyDelete
  3. trimakasih penjelasanya sangat jelas dan rinci

    ReplyDelete
  4. Keren nih kayanya gan, ntar gue coba deh

    ReplyDelete
  5. Wah ini bisa untuk motor juga kan gan? Mantap. Makasih infonya gan

    ReplyDelete
  6. Keren gan , tapi ane g paham kalu udah masalah resistor + transistor. Tapi keren buat nambah wawasan

    ReplyDelete
  7. kerenlah , jadi pengen praktek~ lagi

    ReplyDelete
  8. masih bingung kalo ga praktek langsung,kudu beli komponen2nya dulu nih,makasih gan

    ReplyDelete
  9. gan kalo jumblah lednya di tambah agar menjadi panjang gimana gan apa aja yang harus di rubah dan ditambah komponennya
    terimakasih sebelumnya atas waktunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditambah lagi ic NE555 sama ic 4017 nya gan. Untuk jalur rangkaiannya sama

      Delete
  10. kapacitornya berapa volt gan,,soalnya td ditanya sama penjualnya
    maaf banyak tanya msh pemula gan hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di jelaskan di artikel, silahkan di baca lagi

      Delete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led