Cara Mengaktifkan MySQL di XAMPP

Assalamualaikum.. halo gan berjumpa lagi dengan saya, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi ilmu bagaimana cara mengaktifkan MySQL pada XAMPP. Sebelum masuk kebagian inti saya mau memberikan penjelasan sedikit mengenai MySQL. 


MySQL adalah sebuah program database server yang mampu menerima dan mengirimkan datanya sangat cepat, merupakan program multi-user serta menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language). MySQL merupakan dua bentuk lisensi, yaitu FreeSoftware dan Shareware. MySQL yang biasa kita gunakan adalah MySQL FreeSoftware yang berada di bawah lisensi GNU/GPL (General Public License).

MySQL pertamakali dirintis oleh seorang programmer database bernama Michael Widenius. Selain database server, MySQL juga merupakan program yang dapat mengakses suatu database, MySQL berposisi sebagai server, yang berarti program kita berposisi sebagai client.

Jadi MySQL adalah sebuah database yang dapat digunakan sebagai Client maupun server. Database MySQL merupakan suatu perangkat lunak database yang berbentuk database relasional atau disebut RDBMS (Relational Database Management System) yang menggunakan suatu bahasa permintaan yang bernama SQL (Structured Query Language).

Kelebihan MySQL 

Database MySQL memiliki beberapa kelebihan dibanding database lain, diantaranya :
  • MySQL merupakan DBMS (Database Management System)

  • MySQL sebagai RDBMS (Relation Database Management System)

  • MySQL Merupakan sebuah database server yang free, artinya kita bebas menggunakan database ini untuk keperluan pribadi atau usaha tanpa harus membeli atau membayar lisensinya

  • MySQL dapat dijadikan sebagai database client

  • MySQL mampu menerima query yang bertumpuk dalam satu permintaan atau Multi-Threading.

  • MySQL merupakan database yang mampu menyimpan data berkapasitas sangat besar hingga berukuran Gigabyte.

  • MySQL didukung oleh driver ODBC (Open Database Connectivity), artinya database MySQL dapat diakses menggunakan aplikasi apa saja termasuk berupa visual seperti visual Basic dan Delphi.

  • MySQL adalah database menggunakan enkripsi password.

  • MySQL merupakan Database Server yang multi user.

  • MySQL mendukung field yang dijadikan sebagai kunci primer dan kunci unik.

  • MySQL memliki kecepatan dalam pembuatan tabel maupun updatetabel.

Cara mengaktifkan MySQL

Setelah tau apa itu MySQL dan apa saja kelebihan dari MySQL, sekarang kita masuk kebagian inti pembahasan yaitu bagaimana cara mengaktifkan MySQL di XAMPP.

Untuk program MySQL yang digunakan pada artikel ini adalah ApacheFriends XAMPP Version 7.2.9. Kalian bisa melihat versi XAMPP dengan cara klik pada tombol help lalu akan muncul popup kemudian klik view readme maka akan tampil notepad disertai dengan tulisan versi pada XAMPP. 





Baiklah sekarang lanjut ke cara mengaktifkan MySQL pada XAMPP. Caranya sangat mudah pertama-tama kita buka program XAMPP kemudian klik start Apache dan Mysql. 





Kita bisa melihat apakah MySQL sudah aktif atau belum kita bisa melihat pada bagian log kotak bawah yang akan memberikan pesan tulisan Status change dected: running. Kemudian kita bisa memastikan lagi apakah kita sudah terhubung dengan database, kita bisa buka di browser. Contoh disini saya menggunakan browser google chrome untuk melihat apakah sudah terhubung dengan database server atau belum. 



Pertama kita ketikan localhost/dashboard pada pencarian link website browser, setelah itu tekan enter. Laman browser akan masuk ke halaman dashboard XAMPP.


Jika kita ingin masuk ke server kita bisa klik phpMyadmin atau bisa juga dengan mengetikkan alamat localhost/phpmyadmin pada pencarian link website browser. Maka browser akan masuk ke halaman server dimana di halaman tersebut kita dapat membuat database.


Jika kita sudah masuk ke halaman server maka itu tandanya kita sudah berhasil mengaktifkan Mysql. Mungkin hanya segini saja penjelasan dari saya, apabila ada kalimat yang kurang di mengerti bisa berikan komentar pada laman komentar. Terimakasih sudah berkunjung..

Comments

  1. Mantap! Sangat bermanfaat sekali infonya mas. Thanks!

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led