Membuat catu daya 12V sederhana

Assalamualaikum.. kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk membuat catu daya 12V sederhana. Sebelumnya saya sudah banyak memberikan berbagai macam jenis rangkaian namun kali ini saya akan memberikan rangkaian catu daya 12V beserta cara pembuatannya. Artikel yang saya tulis ini merupakan suatu permintaan dari teman saya yang ingin tahu bagaimana cara pembuatannya dari catu daya 12V dan juga sebagai rujukan tugas dari guru.

Baiklah tanpa basa basi lagi mari kita mulai saja pembahasannya, namun sebelum masuk ke cara membuat catu daya adaptor 12V sederhana alangkah baiknya kalian harus tau dulu apa itu catu daya 12V dan penjelasan singkatnya. 

Catu daya 12V adalah suatu alat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dirangkai agar dapat menghasilkan sumber tegangan DC sebesar 12V. Catu daya biasa digunakan sebagai alat untuk memberikan tegangan sumber atau menyuplai tegangan ke suatu rangkaian elektronik ataupun alat yang membutuhkan sumber tegangan 12V untuk menjalankannya.

Banyak orang yang menganggap bahwa catu daya dengan power supply 12 volt yang ada di komputer itu sama, karena alat ini sama-sama memberikan tegangan dan juga sebagai power untuk menjalankan berbagai perangkat atau alat listrik yang membutuhkan tegangan sumber DC.

Namun sebenarnya menurut saya catu daya itu berbeda dengan power supply yang ada di komputer. Tentunya power supply yang ada di komputer mempunyai banyak output keluaran tegangan, bisa dilihat dari banyaknya kabel yang dibedakan dengan berbagai macam warna. Dari disetiap kabelnya memberikan tegangan keluaran yang berbeda-beda.

Sedangkan catu daya yang saya buat disini hanya bisa memberikan atau mengeluarkan tegangan sebesar 12V saja, walaupun sebenarnya catu daya ini bisa diatur tegangannya agar bisa menghasilkan tegangan yang berbeda.

Dilihat dari kegunaannya juga catu daya dengan power supply itu berbeda. Catu daya hanya digunakan sebagai power atau sumber tegangan DC atau juga bisa sebagai tempat pengecasan aki motor. Sedangkan power supply yang ada di komputer hanya sebagai alat untuk menyuplai tegangan DC ke setiap komponen atau alat yang ada di komputer.

Walaupun begitu dalam pelajaran elektronika rangkaian catu daya adaptor 12 volt tetap sama disebut dengan rangkaian power supply 12 volt. Memang pada intinya rangkaian ini sama-sama memiliki fungsi yang sama yaitu memberikan tegangan sumber DC untuk komponen elektronika lainnya. Makanya banyak orang yang menyebutnya antara catu daya 12 volt dengan power supply 12 volt itu sama saja.

Nahh setelah tau apa itu catu daya sekarang lanjut ke proses pembuatannya...

Berikut adalah skema rangkaian catu daya adaptor 12V sederhana 

Dari rangkaian diatas dijelaskan bahwa untuk menghasilkan tegangan DC saya disini hanya menggunakan 2 buah dioda. Kebanyakan dari banyak rangkaian catu daya menggunakan 4 buah dioda untuk menghasilkan tegangan DC, sebenarnya tidak ada perbedaan dalam penggunaan dioda antara 2 dan 4 buah. Yang membedakan paling hanya tegangan nya yang bisa bertambah sampai 24V untuk yang menggunakan 4 buah dioda.

Dan juga terdapat IC 7812 yang berfungsi untuk memberikan nilai keluaran dari tegangan yang dihasilkan. IC 7812 adalah IC regulator yang dapat mengatur masukan dan keluaran tegangan. Kode nomor 7812 yang dimaksud ialah IC akan mengeluarkan tegangan sebesar 12V, seuai dengan tulisan kode terakhir yang bertuliskan 12.

Sumber tegangan untuk catu daya ini adalah tegangan listrik 220AC yang kemudian akan diturunkan tegangannya oleh transformator menjadi keluaran yang lebih kecil. Dan penggunaan transformer atau trafo pada rangkaian power supply 12 volt ini arusnya ialah 1 ampere.

Rangkaian diatas sudah diuji dengan virtual aplikasi proteus. Untuk menguji apakah ada kesalahan pada skema rangkaian dan untuk menjalankannya apakah berfungsi dengan baik atau tidak.

Untuk yang belum tahu dengan proteus silahkan baca di Aplikasi yang cocok untuk membuat skema rangkaian elektronik dan desain PCB

Untuk pembuatannya siapkan bahan berikut:

1. Transformator 1 A (1 buah)

2. Dioda 1n4002 (2 buah)

3. Kapasitor elektrik 1000uf (1 buah)

4. Kapasitor elektrik 100uf (1 buah)

5. IC regulator 7812 (1 buah)

6. Resistor 220 Ohm (1 buah)

7. Led (1 buah)

8. PCB

9. Kabel secukupnya

Nahh apabila sudah menyiapkan semua bahannya kemudian

Langkah awal yaitu susun rangkaian tersebut dan masukan kaki komponen ke PCB, dalam penyusunan rangkaian disini harus sesuai dengan skema yang telah dibuat diatas agar tidak terdapat kesalahan dalam rangkaian ini saat di uji coba atau dijalankan.

Kemudian sambung kaki komponen dengan menggunakan solder dan timah untuk menempelkan kaki komponen ke PCB dan menyambungkan kaki komponen ke kaki komponen yang lainnya.

Setelah itu sambung kabel ke rangkaian dan sambung kabel ke tranformator agar keluaran tegangan dari transformator bisa mengalir ke rangkaian dan juga jangan lupa untuk menyambungkan kabel sebagai output rangkaian catu daya ke kaki komponen kapasitor 100uf.

Dan tahap akhir ialah dengan menguji apakah rangkaian yang telah dibuat bisa berfungsi dengan baik atau tidak.


Yaa mungkin hanya segini saja dari penjelasan bagaiamana cara membuat catu daya 12V sederhana, semoga bermanfaat dan dapat membantu menyelesaikan tugas dari guru. Terimaksih sudah berkunjung :D

Comments

  1. wah, makasi banyak gan. Ane jadi bisa membuat catu daya sederhana :)

    ReplyDelete
  2. Mantap nih buat dicoba gan, thanks

    ReplyDelete
  3. tambahin lagi contoh gambarnya gan...terus reg bikin metal detektor

    ReplyDelete
  4. Keknya keren gan,tapi harus punya modal buat semua :d

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modalnya gk banyak gan bisa dibilang masih cukup terjangkau

      Delete
  5. nih blog bisa jadi refrensi nih. soalnya ane mau kuliah jurusan listrik hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh gan silahkan itung2 membantu tugas agan :D

      Delete
  6. Sederhana aja bingung, apalagi yang kompleks hehe

    ReplyDelete
  7. Wah mantep nih info jadi tambah tahu gini ya

    ReplyDelete
  8. selain sederhana membuat catu daya juga kyknya menarik deh untuk dibuat

    ReplyDelete
  9. artikel menarik gan... gan kalo ngatasi Power suply yang rusak gimana mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di cek lalu dibuka penutup kotak powersupply, lalu lihat dan analisis kerusakannya apa saja, biasanya klo g nyala, bisa disebabkan hal sepele seperti kabel putus

      Delete
  10. mantap nih buat dicobain... sekalian buat praktikum hehe.
    Modalnya juga cukup terjangkau nih.

    ReplyDelete
  11. Rangkaiannya mirip waktu ane praktek kelas 1 kemaren gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan itu rangkaian saya dapatkan ketika saya masih duduk dibangku smk kelas 1

      Delete
  12. kira kira modal habis berapa gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Budget gk sampe diatas 50rb an. Emang kalo harga komponen elektronik itu rada mahal gan makanya saya bikin rangkaian sesederhana mungkin biar tidak mengeluarkan uang yang banyak

      Delete
  13. Nice artikel
    Pengen buat dirumah nanti

    ReplyDelete
  14. dapet ilmu baru nih, terimakasih ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led