Perjalanan menjadi mudah dengan menggunakan google maps

Perjalanan yang jauh atau traveling ke suatu tempat pastinya membutuhkan peta untuk menunjukkan arah dimana tempat tujuan lokasi yang akan disinggahi. Salah satu peta yang bisa digunakan dan sangat praktis ini ialah google maps.

Google maps adalah layanan aplikasi berbasis internet dari google yang memiliki fungsi untuk menampilkan peta dari sebuah daerah tertentu yang ingin kita tuju. Dengan menggunakan google maps kita bisa cepat sampai ke tempat tujuan dengan mudah. Penggunaan google maps sangatlah berguna untuk orang yang melakukan perjalanan jauh agar saat perjalanan tidak tersesat. Berikut adalah pengalaman saya saat melakukan perjalanan mudik yang lebih mudah dengan menggunakan google maps.


Belum lama ini saya beserta keluarga melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman ibu dan ayah saya. Jarak antara kota tempat saya tinggal dengan kampung halaman ibu dan ayah saya sangatlah jauh. Rumah tempat tinggal ku berada di Karawang, Jawa Barat dan tempat kampung halaman ibu saya berada di Kulon Progo, Yogyakarta. Sedangkan kampung halaman ayah saya di Klaten, Jawa Tengah.

Jarak antara tempat tinggal ku di Karawang dengan Yogyakarta kurang lebih sekitar 336 km dan untuk jarak ke Klaten itu sekitar 382 km, waaww sangat jauh kann.. Jika di hari biasa melakukan perjalanan mudik hanya akan memakan waktu 8 jam itu adalah waktu paling cepat berbeda jika saat musim mudik lebaran perjalanan akan memakan waktu yang lebih lama ini disebabkan karena padatnya lalulintas kendaraan musim mudik lebaran.

Saat mudik saya menggunakan mobil pribadi dan saya tidak melewati tol. Mengingat antrian tol yang begitu padat maka saya memutuskan untuk melewati jalur biasa. Namun ada satu titik dimana jalan yang saya lewati untuk perjalanan mudik tiba-tiba mulai padat dan akhirnya timbulah kemacetan yang parah.

Akhirmya ayah saya pun menyarankan kepada saya untuk segera membuka aplikasi google maps, lalu saya langsung mencari lokasi tempat tujuan mudik keluargaku. Dan setelah itu google maps menampilkan jalur-jalur yang bisa dilewati untuk menghindari kemacetan. Akhirnya pun saya bisa menghindari kemacetan tersebut dan tidak perlu khawatir tersesat karena google maps memberikan jalan pintas yang bisa langsung menuju tempat tujuan.

Saya sangat senang, karena Google maps saat ini sudah berbeda sangat jauh dengan versi sebelumnya, google maps versi saat ini yang paling baru itu memiliki banyak fitur yang dapat membantu perjalanan jauh menjadi lebih mudah. Seperti dilengkapinya penunjuk jalan dengan arahan berupa suara.

Dan juga bisa memprediksi keadaan kondisi jalan yang saat ini dilalui contohnya saat berada di jalan raya google maps akan memberitahukan kondisi jalan yang akan kita lalui didepannya misalnya ada kemacetan atau kecelakaan dan bisa memberitahukan bahwa adanya perbaikan jalan di jalan yang sedang kita lalui.

Selain itu google maps juga bisa memberikan info kepada kita tentang tempat peristirahatan terdekat ataupun tempat pengisian bahan bakar umum. Dengan begitu kita tidak perlu khawatir apabila kendaraan yang digunakan saat perjalanan bahan bakarnya sudah tinggal sedikit, kita hanya perlu mengetikan SPBU di pencarian google maps. Maka secara otomatis google maps akan menunjukan tempat terdekat untuk melakukan pengisian ulang bahan bakar kendaraan.

google maps juga menyediakan pilihan untuk mendownload peta apabila saat perjalan kita kehilangan jaringan maupun sinyal yang dapat menghentikan proses navigasi perjalanan google maps. Dengan mendownload peta yang sudah mengarah ke tujuan lokasi, kita tidak perlu lagi khawatir apabila saat memasuki wilayah tempat yang sulit untuk medapatkan sinyal dan google tidak bisa melanjutkan navigasi, kita masih bisa melihat peta selanjutnya dengan peta lokasi yang sudah di download tadi.

Kehebatan lain google maps yaitu meskipun jaringan internet Edge google maps masih bisa melanjutkan navigasi penunjuk jalan dengan baik dan navigasi petunjuk suara pun tidak terganggu. Oleh karena itu saya sangat menyarankan apabila kita ingin melakukan perjalan jauh gunakanlah aplikasi google maps yang telah disediakan google untuk memberi kemudahan dan kenyamanan dalam perjalanan.



Baiklah mungkin hanya segini saja dari pengalaman saya saat mudik dengan menggunakan aplikasi google maps yang sangat membantu sekali saat perjalanan. Dan walaupun singkat semoga artikel yang saya post ini mudah-mudahan bermanfaat khususnya kalian yang membaca ini. Dan juga saya ucapkan Terimakasih karena sudah berkunjung :)

Comments

  1. benar itu penjalan sangat mudah dengan petunjuk google maps

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, apalagi saat ini google maps sudah semakin bagus

      Delete
  2. Inspirational Story gan, lanjutkan

    ReplyDelete
  3. Google map belum support buat jalur motor , sebab apa . Pernah nemui pengendara motor melalui nyasar ke jalan tol karena mengikuti google map

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin si pengendara salah memilih opsi rute yg akan dilewati. Sebenarnya google maps sudah memberikan opsi untuk memilih jalan yang akan dilalui melaui tol maupun melaui jalan biasa. Jika kita tidak ingin melewati jalan tol maka kita pilih opsi rute hindari jalan tol

      Delete
  4. Walaupun perjlanan terbilang memakan waktu lebih lama, tapi google maps memang bisa membantu.. nice pengalaman mas wahyu...

    ReplyDelete
  5. google maps emang baikk dann mudahh, akurat jugaa😂

    ReplyDelete
  6. Memang kegunaan dari Google Maps sangat banyak, terutama dalam menemukan jalan yang lengang ketika sedang macet terjadi

    ReplyDelete
  7. google Maps memang sangat bermanfaat bagi orang awam saat berpergian~

    ReplyDelete
  8. Betul bgt gan, jd nggak terlalu kikuk klo dijalan hehehe

    ReplyDelete
  9. Google map sekarang gak hanya buat nyari jalan, tapi bisa juga buat survey tempat hihih pake gugel street

    ReplyDelete
  10. bener sekali dizaman moderen seperti sekarang manfaat teknologi sebetulnya banyak positifnya tapi tergantung yang menggunakan juga sih

    ReplyDelete
  11. kalau ke daerh yg ga adA sinyal emang bisa kah gan?

    ReplyDelete
  12. benar sekali .. bisa juga di offline jalan gan..download ukurannya kurang lebih 50 MB

    ReplyDelete
  13. setiap mudik saya selalu pake ini gan (y)

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led