Membuat rangkaian lampu lalu lintas sederhana

Assalamualaikum.. Hallo gans pada kesempatan kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat rangkaian lampu lalu lintas sederhana. Di bilang sederhana karena ini hanya sebagai bentuk pengaplikasian saja, dan juga lampu lalu lintas ini berbentuk mini jadi ini tidak dibuat seperti sesungguhnya yang ada di jalan-jalan raya.

Namun walaupun sederhana menurut saya rangkaian lampu lalu lintas sederhana yang saya buat disini sangat mirip dengan yang ada di jalan raya dan juga rangkaian lampu lalu lintas ini menggunakan timer. Dalam proses pembuatannya rangkaian lampu lalu lintas sederhana ini dapat dibuat dengan menggunakan rangkaian listrik DC. 


Pada umumnya lampu lalu lintas yang ada di jalan raya untuk menghidupkannya membutuhkan tegangan sumber AC (Alternating Current). Sedangkan lampu lalu lintas yang saya buat disini untuk menghidupkan dan menjalankannya hanya menggunakan tegangan 5V DC (Direct Current) dalam artian bisa menggunakan tegangan dari batre maupun powerbank.

Sebelum masuk ke pembahasan cara membuat rangkaian lampu lalu lintas sederhana alangkah baiknya saya akan menjelaskan secara singkat terlebih dahulu tentang mengapa lampu lalu lintas itu sangat di butuhkan.

Lampu lalu lintas adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengatur kendaraan yang lewat melalui jalan raya. Kegunaan lampu lalu lintas ini adalah untuk mengatur dan mengendalikan arus lalu lintas yang melalui persimpangan jalan, maupun tempat penyebrangan untuk para pejalan kaki.

Dengan adanya lampu lalu lintas ini dapat menandakan para pengendara kapan harus mulai berjalan dan berhenti ini dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan agar bisa bergerak secara tertib dan bergantian sehingga arus lalu lintas pada di jalan raya tidak terganggu.

Dari penjelasan diatas tentunya kita sudah tau betapa pentingnya lampu lalu lintas di jalan raya. Baiklah setelah tau apa itu lampu lalu lintas dan kegunaannya untuk apa, mari kita mulai pembahasan cara membuat rangkaian lampu lalu lintas sederhana.

Dalam membuat rangkaian lampu lalu lintas sederhana ini saya membutuhkan beberapa bahan dan komponen yang digunakan untuk rangkaian ini. Berikut adalah bahan dan komponennya :


  1. Resistor 220 ohm (3 buah)

  2. Resistor 10K ohm (1 buah)

  3. Led Red, yellow dan green (3 buah)

  4. Kapasitor non polar 22pf (2 buah)

  5. Kapasitor elektrik atau polar 10uf (1 buah)

  6. Seven Segment (7 segment) BCD warna hijau dan merah (masing-masing 2 buah)

  7. IC At89s51 (1 buah)

  8. Crystal 12.000Hz (1 buah)

  9. Batre/powerbank 5V (1 buah)

  10. PCB



Berikut adalah skema dari rangkaian lampu lalu lintas sederhana :

Skema rangkaian lampu lalu lintas sederhana
Skema rangkaian lampu lalu lintas sederhana
(klik gambar untuk memperbesar)

Dari skema rangkaian diatas dijelaskan bahwa untuk menjalankan rangkaian ini dibutuhkan tegangan sumber sebesar 5v DC. Sumber tegangan bisa berasal dari batre ataupun dari powerbank yang sudah jelas tegannya pas sebesar 5v DC.

Selain itu terdapat rangkaian tambahan yang memiliki fungsi agar IC At89s51 tersebut bisa menjalankan programnya dan bisa diprogram oleh kita, rangkaian tambahan itu adalah rangkaian POR (Power On Reset) Rangkaian ini terdiri dari 2 buah komponen kapasitor non polar 22pf, 1 buah komponen crystal 12.000Hz, 1 buah komponen kapasitor elektrik 10uf dan 1 buah resistor 10K ohm. Posisi rangkaian ini pada gambar diatas terletak di sebelah kiri IC At89s51.

Selain itu dari gambar skema diatas untuk membuat lampu lalu lintas otomatis sederhana saya menggunakan IC At89s51. Yang berfungsi untuk melakukan proses berjalannya timer waktu pada seven segment dan juga untuk mengatur nyalanya lampu merah, kuning, dan hijau agar sesuai dengan waktu pada seven segmen saat lampunya menyala. Untuk menjalankan ini semua IC At89s51 memnbutuhkan program.

Dan juga untuk penyusunan lampu lalu lintas pada rangkaian diatas saya menggunakan rangkaian paralel bukan seri. Mengapa tidak dirangkai seri? alasannya jika dirangkain dengan rangkaian seri maka lampu led yang digunakan sebagai lampu indikator pada lampu lalu lintas nyala lampunya tidak akan terang karena tegangannya yang terbagi oleh resistor.

Berikut adalah programnya yang saya gunakan pada IC At89s51 :


org 00h
merah :
mov p1,#01110000b
mov p2,#00001000b
mov p3,#00000000b
call delay
mov p2,#10010000b
call delay
mov p2,#00010000b
call delay
mov p2,#11100000b
call delay
mov p2,#01100000b
call delay
mov p2,#10100000b
call delay
mov p2,#00100000b
call delay
mov p2,#11000000b
call delay
mov p2,#01000000b
call delay
mov p2,#10000000b
call delay
mov p2,#00000000b
call delay
Ljmp hijau

hijau :
mov p1,#11010000b
mov p2,#00000000b
mov p3,#11100000b
call delay
mov p3,#01100000b
call delay
mov p3,#10100000b
call delay
mov p3,#00100000b
call delay
mov p3,#11000000b
call delay
mov p3,#01000000b
call delay
mov p3,#10000000b
call delay
mov p3,#00000000b
call delay
Ljmp kuning


kuning :
mov p1,#10110000b
mov p2,#00000000b
mov p3,#00000000b
call delay
call delay
call delay
Ljmp merah


delay : mov r0,#6
delay1: mov r1,#255
delay2: mov r2,#255
djnz r2,$
djnz r1,delay2
djnz r0,delay1
ret
end


Program yang saya berikan ini adalah bahasa assembler. Silahkan kalian tulis pada Notepad kemudian save dengan format coding.asm ganti tulisan coding sesuai keinginan anda. Jika kalian ingin mengedit program ini lagi kalian bisa menggunakan text editor MIDE-51, misalnya ingin mengedit lamanya waktu yang dibutuhkan. Dari program diatas saya hanya memberikan waktu lampu merah 10 detik dan waktu lampu hijau 7 detik. Selain itu pada lampu kuning saya memberikan delay 3 detik walaupun tidak menggunakan seven segment untuk menghitungnya.

Untuk melihat simulasi dari rangkaian ini kalian bisa mencoba membuat rangkaian ini dengan menggunakan software proteus. Karena software ini bisa menjalankan dan menguji rangkaian ini apakah ada kesalahan atau tidak dan juga bisa sebagai tempat untuk simulasi rangkaian ini beserta programnnya. Gambar skema yang saya berikan tadi itu dibuat dengan menggunakan software proteus.

Cara kerja dari rangkaian ini adalah :

Saat rangkaian ini dinyalakan maka rangkaian ini akan otomatis mulai menyalakan lampu berwarna merah terlebih dahulu dan mulai menghitung waktu lama lampu merah menyala, perhitungan lampu merah bisa ditampilkan pada tampilan di seven segment warna merah. Lama waktu menyala untuk lampu merah pada rangkaian yang saya buat ini adalah 10 detik, dan apabila seven segmen menghitung mundur hingga pada posisi angka 00 maka lampu akan berganti menyala menjadi hijau dan lampu merah pun mati bersama dengan lampu seven segmen warna merah.

Saat lampu hijau menyala, lampu pada seven segment warna hijau pun mulai menghitung waktu dan waktu yang saya berikan adalah 7 detik, apabila seven segment selesai menghitung mundur sampai 00 maka lampu kuning pun menyala dan saat lampu kuning saya membuat delay 3 detik sebelum lampu merah menyala lagi. begitu seterusnya hingga berulang-ulang.

Baiklah mungkin hanya segini saja dari pembahasan artikel ini tentang cara membuat rangkaian lampu lalu lintas sederhana. Semoga yang saya sampaikan ini bermanfaat dan juga mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penulisan di artikel ini yang bisa saja membuat bingung para pembaca. Saya ucapkan terimakasih yang sudah melihat dan berkunjung di sini :)

Comments

  1. buat display 7 segmentnya berapaan ya om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya harganya ya? Kalo untuk 7 segment yg ukuran kecil harga satuannya itu kurang lebih sekitar Rp.9000 gan. Tapi biasanya tiap daerah atau kota berbeda harganya gan

      Delete
  2. kayaknya ini bisa di kolaborasikan dengan delphi :D . mungkin suatu saat kalau ada project kita bisa kerja sama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga gan, kontek aja nanti kalo mau kerja sama :D

      Delete
  3. Wow baru pertama kali baca artikel ginian. Nice buat anak pecinta karya ilmiah nih

    ReplyDelete
  4. wah, keren, nih baru pertama kali nemu artikel yang kaya gini, kalo bisa di perjelas buat video youtubenya (Y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks masukannya gan nanti saya buat juga ke youtube

      Delete
  5. wahh lumayan nih pengen bereksperimen. iya nih bener diatas saya, kalau ada videonya jadi kita juga bisa ngikutinnya

    ReplyDelete
  6. Jadi begini toh caranya, cukup simple sih.. tapi hasilnya keren. Ditunggu tutor selanjutnya gan

    ReplyDelete
  7. ini sama seperti adruino gk ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda gan kalo arduino lebih kompleks dan untuk pemrogramannya juga menggunakan bahasa C

      Delete
  8. ini atmega ya? ada tutor buat running led ndak?

    ReplyDelete
  9. Bukan atmega gan saya pake ic At89s51 mikrokontroller. Ada tutor running led gan, sudah saya buat pada pos sebelumnya silahkan cek aja

    ReplyDelete
  10. saya bukan anak elektro gan...tapi selalu berpikir begini...kan arus sungai itu berfluktuasi, kadang kencang kadang lambat...bagaimana kalau ada kincir yang dihubungkan dengan dinamo atau apalah..yang jelas menghasilkan arus listrik yang stabil meski putaran kincirnya berfluktuasi...kira kira itu rasional ya gan ? mohon pencerahan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya pertanyaan ini melenceng dari pembahasan, tapi karena berhubungan dengan elektronika akan saya jawab. Yang jelas kincir air yang dihubungkan dengan dinamo atau komponen lainnya seperti batre dapat menghasilkan listrik karna dari pergerakan kincir yg berputar oleh air. Jadi ini masuk akal gan..

      Delete
  11. asyik ada programmer juga disini saya ikutan belajar gan soalnya kalau coding nya kayaknay masih baru buat saya .. dulu pernah belajar ini juga tadi lain koding nya pada waktu kuliah

    ReplyDelete
  12. waduh sederhana dari mana rumit gitu , Mungkin kalo yang paham mudah bener sayang ane gak paham jadi susah banget.

    ReplyDelete
  13. Wah keinget waktu kuliah di mk mikroprosesor dan bahasa rakitan. nice info

    ReplyDelete
  14. Replies
    1. Iya gan kalo mau buat rangkaian ini diperlukan PCB yg digunakan sebagai tempat menyambungkan kaki komponen satu dengan yg lainnya

      Delete
  15. Replies
    1. Kurang tau gan tapi kayaknya bisa. Soalnya saya terbiasa menggunakan proteus bukan eagle

      Delete
  16. Kalo boleh tau itu rangkaian lampu lalu lintas sederhana pakai led nya bisa di banyakin gak ya? Jdi gk satu doang...

    ReplyDelete

Post a Comment

Mohon saat berkomentar gunakan bahasa yang baik, santun dan tidak mengandung sara.

Popular posts from this blog

Membuat Sensor Cahaya Sederhana

Cara membuat layout PCB atau mendesain PCB dengan proteus

Rangkaian lampu flip-flop 4 led